nusakini.com--Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau kembali menggelar program Merdeka dari Sampah (MDS) 2017. Bertempat di Graha Sawunggaling, Sabtu (13/5) Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini secara resmi membuka kembali acara rutin tahunan tersebut. 

Walikota Risma dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada para kader kebersihan dan lingkungan yang tanpa lelah terus bekerja keras menjadikan Surabaya lebih bersih, asri dan nyaman. 

Menurut Wali Kota yang pernah menjabat Kepala Dinas Kebersihan ini, keberhasilan Surabaya dalam mengolah sampah tidak lepas dari peran para kader dan warga Kota Pahlawan. Hal itu pula yang menjadi salah satu yang membuat banyak negara-negara di luar negeri mengagumi Surabaya. 

Untuk itu, dalam kesempatan tersebut Walikota Risma mengajak para lurah dan camat yang hadir untuk terus mendukung kerja keras warga utamanya dalam hal kebersihan, lingkungan dan pengolahan sampah. 

MDS merupakan acara tahunan yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada warga untuk bersemangat menjaga kebersihan daan lingkungan, mengolah sampah, penghijauan serta menumbuhkan kembali kebersamaan dan gotong royong. 

Peserta adalah RT yang ada di seluruh Surabaya dengan maksimal per kelurahan adalah 3 RT. Untuk tahun ini ada penambahan kategori lomba yakni lomba kebersihan bantaran sungai dengan tarhet adalah RT yang berada di Bantaran Kalinokor dan Kali Simolawang.(p/ab)